Ini kisah jagoan tanpa tanding yang bergelar Amat Ngayau.

Siapa yang tidak segan dengan Amat Ngayau si pemotong kepala di wilayah Kotabaru, waktu itu.

Cerita ini terjadi di bawah tahun 2000-an. Tak ada yang berani melawan keperkasaan lelaki asal Sungai Raya Kandangan ini. Panggilan Ngayau di belakang namanya melekat karena ia pernah memenggal kepala lawan berkelahinya dengan tebasan parang.

Amat merantau ke daerah pendulangan emas di pedalaman rimba pegunungan Kotabaru. Setiap waktu ia meminta bagian dari hasil pendulangan emas. Hasil pungutan itu dipakai untuk berjudi.

Sampai suatu ketika, beberapa orang memikirkan cara untuk menghabisi Amat. Segala senjata tajam bahkan senjata api tak mampu merubuhkannya. Ia dikenal kebal.

Melalui perantara seorang habib asal Martapura, Amat akhirnya tewas oleh “peluru emas”. Oleh musuhnya kepala Amat langsung ditebas. Dua bagian tubuh yang terpisah itu masing-masing lantas dimasukkan ke karung. Dibuang ke daerah Hamalau secara terpisah pula. Sadis memang.

Musuhnya berkeyakinan jika tidak demikian jasad Amat dikhawatirkan dapat menyatu lagi dan hidup. Soalnya Amat dianggap memiliki ilmu kesaktian rawa rontek.

Pernahkah Anda mendengar cerita serupa dengan kesaktian ala Amat Ngayau? BA