Handil Bakti adalah kota transit menuju masuk Banjarmasin. Baik perjalanan yang datang dari kota-kota di provinsi Kalimantan Tengah maupun yang melintas dari dalam wilayah Kalimantan Selatan.

Sebagai pintu gerbang menuju kota Banjarmasin dari Kabupaten Barito Kuala, Handil Bakti kabarnya sempat diperebutkan.

Beberapa tahun silam tersiar kabar Handil Bakti akan “diambil” oleh Banjarmasin. Dan pastinya Kabupaten Barito akan berusaha keras mempertahankannya. Sebab Handil Bakti adalah tambang PAD yang cukup lumayan untuk menutupi kas keuangan daerah.

Nilai ekonomi keberadaan Handil Bakti dapat dicermati dari keberadaan kios-kios dan warung pinggir jalan yang siap menyanggul konsumen.

Ada pedagang buah-buah, gorengan, makan dan minunan, hingga pedagang tisu yang dari pagi sudah mencegat pembeli yang hilir mudik melintas.

Belum lagi franchise nasional yang mengepung tiap sudut jalur hingga komplek pemukiman di Handil Bakti. Ruko-ruko baru dibangun di tepi jalan.

Padahal Handil Bakti hanyalah sebuah kelurahan di Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala.

Namun jaraknya yang begitu dekat dengan Banjarmasin serta letaknya yang strategis di jalan Trans Kalimantan membuat Handil Bakti bernilai emas.

Hilir mudik tingkat tinggi aktivitas berkendara tiap pagi dan sore serta semarak aktivitas dagang yang terjadi tanda keberadaan Handil BaktiĀ  diperhitungkan. BA