Apa yang Anda makan bisa menentukan panjang usia.

Tak cuma memperhatikan jenis makanan, cara memasak atau menyajikan makanan pun perlu diperhatikan.

Memasak dengan penuh pertimbangan ini dilakukan oleh mereka yang tinggal di wilayah Zona Biru. Nama terakhir merupakan sebutan untuk merujuk sejumlah wilayah atau negara dengan angka harapan hidup yang tinggi.

Orang-orang lanjut usia di wilayah itu memiliki cara sendiri dalam mengolah makanan. Tak heran jika usia mereka cukup panjang dan masih tampak bugar.

Tips masak agar panjang umur

1. Jangan terlalu banyak bumbu

Orang-orang di Zona Biru jarang menggunakan bumbu yang beragam. Masakan mereka bahkan bisa dibilang kurang variatif.

Namun demikian, cara ini justru ampuh membuat umur jadi lebih panjang.

Selain lebih aman dengan minim bumbu, variasi rasa dan jenis makanan yang lebih sedikit juga mencegah orang makan berlebih. Cara ini juga bisa menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

2. Tambahkan sayuran silang

Jenis sayuran silang dikenal sebagai sayuran yang memiliki gizi dan nutrisi tinggi. Jenis sayuran ini misalnya brokoli, kubis, hingga kembang kol.

Semua jenis sayuran ini berkhasiat melindungi jantung, mencegah kanker, dan menurunkan stres oksidatif yang terjadi akibat paparan radikal bebas.

3. Mengolah kacang-kacangan jadi makanan lezat

Daging tak jadi primadona di wilayah Zona Biru. Alih-alih daging, mereka justru lebih suka mengolah kacang jadi sesuatu sajian istimewa.

Kacang bisa dimasak menjadi sup dan semur yang ditambah dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini merupakan sumber protein yang jauh lebih sehat dari daging dan telur.

4. Selalu campurkan minyak zaitun

Coba tambahkan minyak zaitun pada semua hidangan Anda. Orang-orang di Zona Biru gemar sekali menambahkan sedikit minyak zaitun pada hampir semua jenis makanan, mulai dari roti, sayuran, bahkan sup.

5. Lengkapi dengan herbal dan rempah segar

Sontek tips memasak sehat ala warga Zona Biru ini, yakni dengan menambahkan herbal dan rempah-rempah. Anda bisa memasukkan rosemary, oregano, sage, kunyit, bawang putih, lengkuas, jahe, dan berbagai herba lain pada makanan.

Selain menambah dan memperkuat rasa, herba dan bumbu segar juga membuat hidup lebih panjang.

6. Selalu menggunakan makanan yang mengandung serat

Biji-bijian, sayuran hijau, berbagai jenis kacang semuanya mengandung protein, karbohidrat kompleks, serta vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, makanan ini juga tinggi serat membuat sistem pencernaan lebih sehat dan mempermudah metabolisme di tubuh.

7. Perhatikan cara makan

Mendapatkan umur yang panjang bukan cuma perkara apa yang dimakan. Tapi juga bagaimana Anda memakannya.

Orang-orang di wilayah Zona Biru juga kerap makan bersama keluarga, teman, dan sesekali menjalankan puasa.

Source : CNN Indonesia