Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa ikut dalam peletakan batu pertama (groundbreaking) investasi Agung Sedayu Group milik Sugianto Kusuma alias Aguan cs di Ibu Kota Negara (IKN) pada pertengahan September 2023 ini.

“Kami berencana di September (2023) ini akan melakukan kunjungan ke IKN dalam beberapa hari. Mudah-mudahan Bapak Presiden (Jokowi) ikut melakukan groundbreaking pada pekerjaan hotel, RS, dan fasilitas umum sehingga target kita di 2024 itu bisa melakukan upacara 17 Agustus,” katanya di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (8/9/2023).

Bahlil sebelumnya menyebut groudbreaking itu dilakukan pada proyek investasi dari Agung Sedayu Group milik Aguan. Ada juga beberapa proyek garapan Sinarmas Group.

Terlepas dari itu, ia mengatakan hari ini Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-Yeol dan Perdana Menteri China Li Qiang. Keduanya diklaim antusias menjajaki investasi di IKN.

“Kedua negara membahas IKN, baik Korea maupun China. Mereka akan menurunkan tim lebih detil lagi. Jadi, baik Korea maupun China mereka sangat berminat sekali (investasi di IKN),” jelas Bahlil.

Kendati, ia tak merinci sektor-sektor potensial apa yang sedang didalami Korea dan China. Bahlil hanya menekankan antusiasme kedua negara tersebut.

Bahkan, Bahlil mengklaim Korea dan China yang menyatakan minatnya langsung kepada Presiden Jokowi. Ia menegaskan ide-ide investasi itu muncul dari kedua perwakilan negara tersebut.

“Justru dalam diskusi Bapak Presiden (Jokowi) dengan mereka, itu idenya bukan dari Bapak Presiden, justru dari PM China (Li Qiang) maupun Presiden Korea (Yoon Suk-Yeol). Lalu, Presiden Jokowi menanggapi. Jadi, respons global dalam beberapa negara terkait investasi di IKN positif dan saya optimis banget,” tandasnya.

Source : CNN Indonesia