Kasus Fredy Pratama alias Miming sebagai bos besar jaringan narkoba internasional yang diburu polisi interpol jadi kisah sentralĀ  warga Banjarmasin.

Di warung-warung dan perkumpulan, Miming dan keluarga besarnya yang tersangkut kasus dan sudah lama diincar kepolisian sebagai gembong narkoba kelas kakap seketika jadi viral.

Shanghai Palace Resto ditutup dan akhirnya disita Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri membuat warga terkejut. Selain resto ikut disita Cafe Beluga, Hotel Mentaya Inn, serta sejumlah otomotif.

Gelar konferensi pers di halaman restoran chinnese food kelas atas di kawasan Kertak Baru Ilir Banjarmasin pada Selasa (12/9/2023) itu pun menyita tontotan warga.

“Kami yang tinggal dekat sini pun tak menyangka,” ujar seorang warga, Rabu (13/9/2023).

“Babah dibawa (ditangkap kepolisian) serumahan, 7 orang. Babah suka bagi-bagi duit,” sebut warga lainnya.

“Sudah sebulan dipantau. Intelnya pakai celana pendek,” kata yang lain lagi.

Babah adalah orang dekat Lian Silas sang owner Restoran Shanghai Palace dan Cafe Beluga. Sehari-hari Babah adalah orang yang dituakan sebagai penanggung jawab kegiatan bisnis rumah makan.

Pernah Ditangkap

Sumber dalam keluarga dekat Babah kepada monitorborneo.com menyebutkan, Lian Silas alias Akiong yang merupakan ayah Fredy Pratama (Miming) sudah pernah diciduk petugas awal Agustus 2023.

“Sempat ditangkap sebulan lalu tapi kemudian dilepaskan,” katanya.

Sumber monitorborneo.com yang lain mengungkapkan sejak penangkapan Akiong itu, restoran Shanghai hanya buka separo pintu.

“Kecuali yang datang rombongan baru restoran dibukakan,” katanya.

Shanghai permanen tutup Minggu, ketika kerabat keluarga Akiong dan Babah habis diamankan petugas dan kasusnya dibuka resmi ke publik lewat konferensi pers di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Miming sendiri selaku target utama hingga hari masih menjadi buruan daftar pencarian orang (DPO). Ia bersembunyi di Thailand. Dikabarkan, Miming sudah melakukan operasi plastik untuk menghindari penangkapan petugas. BA