Berbicara soal kisah sukses pengusaha adalah hal menarik. Ini juga dijelaskan pebisnis Amerika Serikat (AS) Mark Cuban.

Ia bahkan membeberkan satu sifat yang harus orang-orang kembangkan jika ingin sukses sepertinya. Hal tersebut dikatakannya dalam sebuah video yang diposting oleh pengusaha dan investor VC Randall Kaplan lewat LinkedIn.

“Satu hal dalam hidup yang dapat Anda kendalikan adalah upaya Anda,” kata Cuban dalam video tersebut, seperti dikutip CNBC International.

“Dan bersedia melakukannya adalah keunggulan kompetitif yang sangat besar, karena kebanyakan orang tidak melakukannya.”

Pria berusia 64 tahun itu menyebut berusaha berarti melampaui apa yang diperlukan untuk memecahkan masalah. Bahkan ketika tidak diminta oleh atasan.

“Anda mengambil inisiatif, dan menghabiskan setiap opsi yang memungkinkan untuk menemukan jawaban. Kualitas ini terbilang langka,” tambahnya.

“Ada beberapa orang, atau karyawan, yang jika Anda menyuruh mereka melakukan A, B, dan C, mereka akan melakukan A, B, dan C dan tidak tahu bahwa D, E, dan F itu ada,” kata Cuban.

“Ada orang lain yang tidak pandai dalam detail: Jika Anda menyuruh mereka melakukan A, B, dan C, yang mereka ingin lakukan hanyalah membicarakan D, E, dan F,” tambahnya.

Komentar Cuban muncul di tengah gerakan diam-diam berhenti alias quiet quitting yang sedang berlangsung di AS. Ini terjadi karena karyawan di seluruh AS menolak untuk bekerja terlalu keras, dibayar rendah, dan memiliki kesempatan terbatas.

Tetap saja, Cuban bukan satu-satunya bos yang sangat menghargai upaya dan keterampilan memecahkan masalah di tempat kerja.

Menurut Laporan Praktik Terbaik Kompensasi 2023 dari Payscale, tahun lalu, 2,7 juta posting pekerjaan di ZipRecruiter mencantumkan pemikiran analitis sebagai soft skill yang diperlukan. Sebanyak 29% eksekutif perusahaan di seluruh dunia berpendapat bahwa karyawan yang tidak berusaha lebih keras tidak akan berhasil dan berisiko dipecat.

Source : CNBC Indonesia