Habib Muhammad Alex sudah tidak asing lagi bagi warga Probolinggo. Warga pedesaan maupun perkotaan baik di Kabupaten maupun Kota Probolinggo mengenalnya sebagai seorang habib yang ucapan dan doanya makbul atau seringkali terkabul. Belakangan ini, dia meminta fotonya diviralkan.

Video pendek yang berisi imbauan langsung dari Habib Alex kepada masyarakat agar memasang atau meng-upload fotonya di media sosial seketika membuat status WhatsApp hingga deretan posting di sejumlah medsos dibanjiri wajah sang habib.

Fenomena orang banyak mengunggah foto Habib Muhammad Alex ini pun memunculkan pertanyaan bagi mereka yang tidak mengenal siapa beliau. Hingga pertanyaan ‘Habib Muhammad Alex itu siapa?’ sempat trending di mesin pencari Google.

Spekulasi dari berbagai pihak yang bertanya-tanya memunculkan beragam narasi. Ada yang menyebutkan bahwa ‘siapapun yang mengunggah foto Habib Alex doanya bakal diijabah bahkan bisa dapat mobil’.

Ada juga yang seolah-olah mengungkap fakta bahwa sosok Habib Muhammad Alex merupakan seorang pengusaha ekspor impor sukses yang berasal dari Probolinggo. Hingga banyak yang mungkin mengira mengunggah foto sang habib bakal dapat giveaway mobil.

Lantas siapa sebenarnya Habib Muhammad Alex? Nama lengkapnya adalah Habib Muhammad Bin Muhammad Shodiq Bin Habib Husein Bin Hadi Al-Hamid. Beliau tinggal di Desa Brani Kulon, Kecamatan Maron, Probolinggo.

Warga Probolinggo dan sekitarnya juga mengenal sang habib sebagai ‘Wali Majdub’ atau wali dengan gaya yang nyentrik atau tindak-tanduknya cenderung dianggap aneh, tapi doanya selalu dikabulkan dan perkataannya selalu terwujud.

Salah satu putra sang habib, yakni Habib Abu Bakar Syarif membenarkan bahwa ayahnya sendiri yang meminta kepada orang banyak melalui sebuah video pendek agar fotonya diviralkan di media sosial.

“Memang benar abah (Habib Alex) yang meminta agar fotonya itu diviralkan dengan di-posting di story dan media sosial lainnya,” ujar Habib Syarif yang merupakan anak ketiga Habib Alex kepada detikJatim, Jumat (6/10/2023).

Sebaliknya, mengenai narasi yang menyebutkan bahwa Habib Alex merupakan pengusaha ekspor impor, Habib Syarif segera menepisnya. Dia membantah bahwa ayahnya merupakan pengusaha ekspor impor.

“Memang banyak yang melebih-lebihkan setelah foto abah saya viral, salah satunya ya adanya sumber menyebut jika abah pengusaha ekspor dan impor barang. Saya sebagai putranya sama sekali tidak membenarkan,” kata Habib Syarif.

Dia menyebutkan bahwa untuk sekarang ini keseharian abahnya hanya sering menerima tamu. Ada cukup banyak tamu yang datang dari sekitar Kecamatan Maron atau masyarakat dari daerah lain untuk sowan dan meminta berkah dan doa.

“Kalau masa muda abah (Habib Alex) memang pernah jadi belandang sapi. Bahkan beliau sampai pernah bekerja di Jakarta. Sekarang hanya sering di rumah menerima tamu. Tidak benar kalau pengusaha ekspor impor, mohon jangan melebih-lebihkan,” pinta Habib Syarif.

Habib Syarif tidak mempermasalahkan bila banyak orang menganggap bahwa ayahnya adalah seorang Habib dengan doa dan ucapan makbul atau seringkali diijabah Allah. Termasuk bila ayahnya disebut sebagai ‘Wali Majdub’.

“Kalau untuk abah yang disebut sebagai sosok yang doanya diijabah atau bahkan disebut sebagai Wali Majdub, itu terserah persepsi orang yang tahu sosok abah. Tapi kalau untuk pengusaha ekspor impor itu tidak benar,” tegasnya.

Source : detik