Calon Presiden (Capres) dari PDIP Ganjar Pranowo secara terang-terangan mengaku ingin menarik mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk masuk ke dalam tim penenangannya.

Hanya saja, Ganjar mengakui bahwa rencana tersebut tidak akan berjalan mudah.

“Iya sih,” kata Ganjar dikutip dari CNNIndonesia, Sabtu (28/10/23).

“Kang Emil juga kepingin mau kita tarik semuanya. Tapi kan ngajak-ngajak kawan-kawan ini juga harus butuh kelegaan hati, kesamaan batin gitu ya, agar kita bisa kompak. Saya haqqul yakin, paling cocok ya dengan Ganjar Mahfud kawan-kawan ini,” jelasnya.

Padahal Ridwan Kamil merupakan kader partai Golkar dengan jabatan Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu).

Dengan jabatan itu, Ia disebut-sebut akan menjadi ‘komandan tempur’ pemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Jawa Barat pada Pilpres 2024. Apalagi Golkar merupakan koalisi pasangan Prabowo-Gibran.

“Akan mendapatkan tugas sebagai komandan tempur di Jawa Barat sesuai dengan tupoksi beliau mantan Gubernur Jabar,” kata Kepala Bappilu Partai Golkar Maman Abdurrahman di Kantor DPP Partai Golkar, Selasa (24/10/2023).

Selain Emil, nama Khofifah juga kerap disandingkan untuk menjadi tim pemenangan. Namanya kerap menjadi rebutan para capres-cawapres.

Khofifah merupakan kader Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus Ketua Umum PP Muslimat NU. Oleh karena itu, kata dia, kekuatan elektoralnya juga jelas terlihat besar.

Source : CNBC Indonesia