Secara khusus siang ini (30/10/23) Presiden Jokowi mengundang makan siang ketiga calon presiden, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Makan siang tersebut digelar di ruang makan Istana Merdeka pada 12:30. Mereka tampak menikmati momen kebersamaan di meja bundar bernuansa serba putih.

Terlihat dalam rekaman video, mereka tampak kompak dan akrab. Bahkan mereka juga saling menawarkan makanan dan minuman yang tersaji di atas meja.

Pilihan menu makan siangnya terlihat beragam. Untuk menu utama ada bistik sapi, bebek kecap, soto, cumi-cumi, udang goreng tepung, dan rolade daging.

Semua jenis lauk tersebut bisa disantap dengan nasi putih, lontong, hingga kupat. Selain itu, juga tersaji sayur dan lumpia goreng sebagai menu pendamping.

Tak hanya makanan saja, menu minuman yang dihidangkan pun beragam. Ada dua jenis minuman, yakni es jeruk dan es buah yang menyegarkan.

Dalam momen tersebut, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa tersajinya menu lontong dan kupat karena menyesuaikan kuliner yang ada di kampung halaman Prabowo Subianto.

“Karena di kampungnya, pak Prabowo di Banyumas itu makannya gak makan nasi, tapi pakai lontong, kupat,” ujar Ganjar Pranowo.

Selain itu, dalam momen hangat tersebut, Presiden Jokowi juga tampak menawarkan sayur kepada Anies Baswedan untuk disantap.

“Pak Anies, ini sayurnya ini kelihatannya enak,” ujar Jokowi dan langsung disambut dengan baik oleh Anies Baswedan.

Hingga berita ini ditulis, belum ada pernyataan resmi mengenai tujuan dari acara makan siang ini. Namun, beberapa pihak mengatakan momen ini sebagai silaturahmi untuk memperkuat negara.

Source : detik