Para ilmuwan tengah bersiap menghadapi potensi pandemi berikutnya.

Aliansi ilmuwan terkemuka yang baru diresmikan dari enam institusi global akan memprioritaskan studi tentang influenza dan virus corona.

Profesor Zhong Nanshan dan Yuen Kwok-yung, anggota pendiri Aliansi Riset Pandemi, pada Senin (4/12/2023) menyerukan ketenangan dalam menanggapi wabah mycoplasma pneumoniae atau pneumonia di seluruh dunia, termasuk di daratan China, dan menekankan bahwa penyakit ini dapat diobati.

Yuen dari Universitas Hong Kong (HKU) mengatakan aliansi yang baru diluncurkan, yang ia bantu bangun bersama ahli virologi terkenal Profesor David Ho dari Universitas Columbia, akan melihat para anggotanya berkolaborasi dalam penelitian, berbagi penelitian mereka, dan mengajukan permohonan pendanaan bersama.

Kelompok pakar penyakit menular terkemuka ini berencana untuk fokus pada virus yang dapat menyebar dari hewan ke manusia, serta virus yang dapat menyebar antar manusia, kata Yuen, yang ditunjuk sebagai ketua aliansi tersebut.

“Influenza berada di urutan pertama dalam daftar, karena kemampuannya untuk bermutasi… kita memiliki begitu banyak virus influenza hewan,” katanya, dikutip dari South China Morning Post, Selasa (5/12/2023).

“Yang kedua, tentu saja, adalah virus corona. Kita punya begitu banyak virus corona dan banyak sekali wabah,” imbuhnya.

Keanggotaan aliansi ini juga mencakup para ilmuwan dari Doherty Institute di Universitas Melbourne di Australia, Duke-NUS Medical School di Singapura, Laboratorium Nasional Guangzhou, dan Universitas Tsinghua.

Yuen mengatakan organisasinya juga berharap untuk mempelajari kondisi lain seperti paramyxovirus, yang terkait dengan virus Nipah yang mematikan, dan enterovirus, yang sebagian besar menyebabkan penyakit di kalangan anak muda.

Menurut kelompok tersebut, tujuan mereka termasuk mengidentifikasi bagaimana virus hewan berpindah ke manusia, menemukan metode yang lebih cepat untuk mendeteksi pasien manusia yang nol di antara penyakit-penyakit baru yang berpotensi menjadi pandemi, dan merancang tes, perawatan, dan vaksin sebelum wabah yang diperkirakan terjadi.

Ahli virologi terkenal Ho, yang terkenal karena menemukan kemanjuran pengobatan antiretroviral untuk HIV, menyatakan keprihatinannya terhadap virus yang dapat menular langsung antarmanusia, terutama penyakit pernapasan seperti virus corona.

“Kami telah menyaksikan apa yang terjadi selama empat tahun terakhir – Covid,” katanya.

Zhong dari Laboratorium Nasional Guangzhou mengatakan lembaganya telah mengidentifikasi lebih dari 50 penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia, 21 di antaranya adalah virus corona.

Anggota aliansi mencatat bahwa sekitar 75% patogen yang muncul dapat ditelusuri kembali ke hewan.

Yuen juga mengutip proyeksi dari lembaga think tank Center for Global Development yang menunjukkan bahwa ada kemungkinan 57% terjadinya pandemi sebesar Covid lainnya dalam 25 tahun ke depan.

Pakar HKU tersebut mengatakan bahwa aliansi tersebut berharap dapat mempertahankan kehidupan normal ketika pandemi berikutnya muncul, mencegah “kelumpuhan” sistem layanan kesehatan masyarakat dan perkiraan kerugian ekonomi sebesar US$16 triliun dalam dua tahun pertama di bawah pandemi Covid-19.

HKU, Universitas Cambridge, dan Institut Vaksin Internasional bulan lalu bekerja sama untuk mendirikan Institut Kesehatan Global Klub Joki Hong Kong, sebuah upaya internasional terpisah untuk mempercepat penelitian vaksin dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi pandemi.

Pneumonia Anak
Pada Senin, Aliansi Penelitian Pandemi juga membahas lonjakan infeksi di kalangan anak-anak yang disebabkan oleh Mycoplasma pneumoniae dan meyakinkan masyarakat bahwa kondisi tersebut mudah untuk diobati.

Para dokter di Hong Kong sebelumnya mengatakan lebih dari 100 kasus telah dicatat di rumah sakit umum setiap bulannya sejak September.

Ho dari Universitas Columbia mengatakan “[Mycoplasma pneumoniae] telah dikenal sebagai infeksi bakteri sejak lama, sejak saya masih menjadi mahasiswa kedokteran. Hal ini dapat diobati. Saya tidak mengantisipasi hal ini akan berkembang seperti yang dilakukan Covid.”

Zhong mencatat bahwa bakteri tersebut menyumbang hingga 30% dari sekitar 1.000 kasus demam harian di Rumah Sakit Anak Beijing, dan menambahkan bahwa tidak ada data pembanding di masa lalu karena penyebab demam tersebut belum pernah diperiksa sebelumnya.

Namun pakar penyakit menular terkemuka mengatakan kondisi ini dapat diobati dengan pengobatan yang tepat. “Saya rasa tidak ada masalah… Ini adalah patogen yang sudah diketahui, masyarakat tidak perlu khawatir tentang hal itu,” tambahnya.

Yuen menjelaskan bahwa orang-orang dari segala usia, terutama petugas kesehatan, kemungkinan besar akan terinfeksi jika patogen yang beredar adalah patogen baru, sementara data dari Shenzhen menunjukkan bahwa lebih dari 90% kasus Mycoplasma pneumoniae adalah anak-anak.

Pada hari yang sama, Profesor Yeoh Eng-kiong dari Chinese University mengajukan 13 proposal yang bertujuan untuk memperkuat kesiapan pemerintah Hong Kong menghadapi pandemi berikutnya.

Rekomendasi dari kepala pusat penelitian sistem kesehatan dan kebijakan universitas tersebut mencakup keterlibatan lebih awal dengan sektor swasta untuk memerangi epidemi, memprioritaskan dukungan bagi kelompok rentan dan memberikan layanan perawatan bagi mereka yang terjebak di rumah.

Source : CNBC Indonesia