Edrus Bach selaku arranger/piano/keyboard berperan besar mewarnai kualitas musikalitas album lagu Banjar Rindang Banua “Asam Cuka” ini.

Mahadang Ading
Ciptaan: Fadly Zour

Sungai Kusan sungai Pagatan
Sungai mamanjang matan di hulu
Hati pusang nang kaingatan
Nang kaingatan ading dahulu

Amandit sungai di Kandangan
Lintas jambatan tuju Lok Lua
Hati sakit nang karindangan
Nang karindangan adingku jua

Reff:
Rapat-rapat rapun rumbia
Ahai tumbuh di tangah rawa
Parak-parak kulaipia
Ading jauh kuhadang jua

Sungai Tapin sungai di Rantau
Jauh bajalan ka Banua Padang
Biar ading jauh di rantau
Niat di hati kuhadang jua

Sungai Andai tuju ka Awang
Jauh badayung ka Hujung Panti
Ahai ading nang di subarang
Janji kujunjung sampai kamati

Lagu Banjar Mahadang Ading ciptaan Fadly Zour ini terdapat dalam album Rindang Banua’86 Asam Cuka Volume 1 yang sebagian materi lagunya merupakan koleksi musisi-musisi jenius asal perantau Banjar yang tergabung dalam grup Rindang Banua. Album lagu Banjar Asam Cuka direkam oleh Studio Jayabaya Record Malang, Jawa Timur.

Selain tangan dingin Edrus Bach, proses kelahiran album lagu Banjar legendaris tak lepas dari sentuhan cita rasa seni bermusik MA Barmawie yang kaya serta kepiawaian Lily S selaku penata vocal.

Edrus Bach atau Idrus Bahasyim adalah musisi asal Banjar yang melalui grup Rindang Banua malang melintang di Surabaya dan Malang bersama-sama rekan-rekannya antara lain MA Barmawie dan Anang Ardiansyah.

Edrus adalah cucu dari Habib Hamid bin Abbas Bahasyim di Basirih (seorang figur yang dikeramatkan di Banjarmasin), MA Barmawie orang Martapura yang menghabiskan masa tuanya di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur dan Anang Ardiansyah, maestro pencipta lagu-lagu Banjar yang terkenal dengan hits lagu Paris Barantai.

Beberapa lagu yang menghiasi album Asam Cuka ini adalah : Asam Cuka (koleksi Rindang Banua), Sungai Martapura (Syarifuddin), Ba-ayun (Rindang Banua/MA Barmawie), Pung-pung Alu (A Thamrien/Edrus Bach), Baarak Panganten (MA Barmawie), Kambang Goyang (A Ardiansyah), Ujan Sahai (koleksi Rindang Banua), Rambang (koleksi Taboneo), Alang Manari (koleksi Rindang Banua), Mahadang Ading (Fadly Zour), Erbe Cha-cha (MA Barmawie) dan Dandaman Banua (Syarifuddin).

Kekuatan pantun, kata-kata dan istilah Banjar kuno yang sebagian sulit diterjemahkan, membuat lagu-lagu Banjar lawas koleksi Rindang Banua ini bernilai mahal, super plus alias liwar keren.

Lagu Mahadang Ading (Menunggu Adik) menceritakan tentang perasaan karindangan (rindu mati, rindu yang merusak hati, membuat gila) seorang pria kepada kekasih idaman hati yang terpisah jauh di seberang pulau. Ading adalah panggilan sayang kepada seorang adik dalam bahasa Banjar. YA