Hermanto Tanoko merupakan konglomerat RI yang kerap dijuluki ‘Crazy Rich’ asal Surabaya.

Berdasarkan Forbes Real Time Billionaires, Hermanto duduk sebagai orang ke-14 terkaya di Indonesia.

Dia saat ini memiliki kekayaan sebesar US$ 2 miliar atau sebesar Rp 30,70 triliun. Kekayaan itu tidak lepas dari sejumlah bisnis yang dia miliki.

Bersama dengan kakaknya Wijono Tanoko, Hermanto mengendalikan Group Tancorp. Tanoko bersaudara ini merupakan anak dari Soetikno Tanoko, yang mendirikan Avia Avian pada tahun 1978.

Keluarga Tanoko memang memiliki bisnis yang menggurita dan beberapa usaha serta anak usaha hingga cucunya menyandang status sebagai perusahaan publik yang sahamnya dapat ditransaksikan investor di pasar sekunder.

Salah satu usaha yang paling populer dan lekat dengan nama Keluarga Tanoko adalah produsen cat terbesar kedua di Indonesia, PT Avia Avian Tbk. (AVIA). Di samping itu, ada juga produsen air minum dalam kemasan merek Cleo, PT Sariguna Primatirta Tbk. (CLEO).

Selain kedua perusahaan tersebut, sejumlah perusahaan yang dimiliki Hermanto adalah perusahaan properti PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk. (RISE), perusahaan keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk. (CAKK), perusahaan ritel bahan bangunan PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk. (DEPO), perusahaan ritel busana PT Mega Perintis Tbk. (ZONE), hingga distributor produk farmasi PT Penta Valent Tbk. (PEVE).

Hermanto juga aktif menggunakan sosial media dan berbagai pengalaman dan tips-tipsnya soal bisnis. Yakni dengan username @htanoko di Instagram dan YouTube.

Source : CNBC Indonesia