Pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah menjadi headline dunia. Royal wedding ini akan bertempat di kediaman raja, Istana Nurul Iman.

Prosesi akad nikah Pangeran Mateen dan Anisha dilaksanakan pada hari ini, Kamis (11/1/2024). Akad akan diselenggarakan di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien secara tertutup.

Royal ini akan berlangsung selama 10 hari, tepat di tanggal 14 Januari, Pangeran Mateen dan Anisha akan menggelar resepsi di Istana Nurul Iman. Di sanalah tamu kenegaraan akan dijamu.

Mengutip laman resmi Guiness World Record, Istana Nurul Iman merupakan istana tinggal terbesar di dunia yang berada di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Istana ini merupakan tempat tinggal resmi keluarga sultan Brunei ke-29.

Istana Nurul Iman memiliki luas 200.000 meter persegi dengan fasilitas 1.788 kamar. Istana ini juga dilengkapi dengan 257 kamar mandi dan ruang perjamuan untuk 5.000 tamu.

Garasi istana ini muat sampai 110 mobil dan fasilitas 5 kolam renang. Namun ini belum seberapa, yang paling mencengangkan adalah kandang kudanya. Iya, istana ini punya kandang kuda ber-AC yang muat untuk 200 ekor kuda!

Istana ini juga dilengkapi dengan masjid berkapasitas 1.500 orang. Helipad juga melenggkapi kemewahan dari Istana Nurul Iman.

Menurut Lonely Planet, istana ini makin indah karena memiliki gagang pintu emas!

Istana Nurul Iman dibangun dalam waktu dua tahun. Saat itu Brunei menyelesaikan pembangunan dan merdeka dari Inggris pada 1 Januari 1984.

Bangunan ini dirancang oleh arsitek Filipina, Leandro V Locsin. Sementara desain interiornya dirancang oleh arsitek Inggris, Khuan Chew.

Istana Nurul Iman dibangun oleh Ayala Corporation dengan biaya sekitar USD 1,4 miliar saat itu. Bahan-bahan yang digunakan dalam dekorasi sangat mewah, yaitu marmer Italia, granit Shanghai, kaca Inggris, dan sutra terbaik dari China.

Emas dan marmer menjadi bahsan dekorasi utama Istana Nurul Iman. Ada 38 jenis marmer berbeda yang digunakan untuk dekorasi interior, bahkan 44 tangga terbuat dari marmer.

Istana Nurul Iman tidak hanya dijadikan sebagai tempat tinggal sultan. Tempat ini juga memiliki beberapa kantor pemerintah dan menjamu pejabat asing.

Setiap Hari Raya Idul Fitri, Istana Nurul Iman dibuka untuk publik selama 3 hari. Tiap orang yang berkunjung bisa masuk secara gratis dan melihat beberapa ruangan, seperti aula pertemuan dan galeri lukisan.

Source : detik