Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto memberikan sejumlah saran kepada penggantinya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Salah satunya, Hadi mewanti-wanti agar AHY tidak gampang menangis.

“Mas AHY pasti terharu, Mas harus menahan tangisan, tahan saja di dada,” kata Hadi dalam pidato serah terima jabatan, di Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Hadi mengatakan AHY akan sering blusukan ketika menjadi Menteri ATR/BPN. Kedatangan menteri, kata dia, akan sangat dinanti-nanti warga.

Terlebih, kata dia, kedatangan Menteri ATR/BPN kerap kali dibarengi dengan acara bagi-bagi sertifikat tanah dan dalam rangka melaksanakan reforma agraria.

“Masyarakat senang didatangi menteri, apalagi menterinya gagah dan ganteng, Mba Anissa [Istri AHY] enggak perlu cemburu, karena yang menyalami kita semuanya adalah tuir-tuir [tua-tua],” kata Hadi disambut tawa hadirin.

Hadi mengatakan pada saat blusukan itulah AHY akan merasa terharu oleh sambutan warga yang senang karena mendapatkan sertifikat tanah. Ketika itu terjadi, kata dia, hati AHY dijamin tersentuh dan ingin menangis.

“Hampir seluruh masyarakat terutama di pinggiran menunggu mendapatkan sertifikat,” kata dia.

Source : CNBC Indonesia