Proses rekapitulasi suara Pemilu 2024 yang masih bergulir hingga Rabu sore (20/3/2024) menghadirkan banyak nama calon legislatif (caleg) yang muncul dengan penuh kejutan perolehan suara jumbo.

Berdasarkan data rekapitulasi sementara yang dikumpulkan tim CNBC Indonesia Research, terdapat 11 nama yang mampu menembus 250 ribu suara.

Menurut data yang diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga hari ini, Rabu (20/3/2024), rekapitulasi suara yang terkumpul menunjukkan beberapa nama baru dalam daftar perolehan suara jumbo.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Said Abdullah dari PDIP menjadi caleg dengan suara tertinggi secara nasional pada Pemilu 2024.

Dengan total 528.815 suara, Said Abdullah menguasai suara di dapil Jawa Timur XI, yang mencakup wilayah Pulau Madura. Sebagai Ketua DPD PDIP Jawa Timur dan Ketua DPP PDIP Bidang Perekonomian, Said telah menjadi anggota DPR RI sejak 2004 dan saat ini menjabat sebagai Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

Lahir di Sumenep pada 22 Oktober 1962, Said telah membangun karier politiknya sejak masa Orde Baru dengan bergabung dengan PDIP dan organisasi sayap partainya, Banteng Muda Indonesia. Meskipun pernah mencoba untuk maju dalam pemilihan kepala daerah Jawa Timur pada periode 2013-2018 sebagai calon wakil gubernur, ia tidak berhasil.

Posisi ke-2 di tempati oleh Dedi Mulyadi yang merupakan mantan Bupati Purwakarta dari Partai Gerindra. Posisi ke-3 yaitu Achmad Baidowi yang merupakan incumbent dan sudah menjadi Anggota DPR dari Dapil Jatim XI selama dua periode.

Kendati memperoleh suara sebanyak 359.189 dan menempati urutan ke-3 nasional, Baidowi kemungkinan besar tidak lolos ke Senayan karena partainya yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak memenuhi ambang batas parliamentary threshold sebesar 4%.

Perolehan suara jumbo selanjutnya yaitu Eddhie Baskoro, Putra bungsu dari Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono, kembali menorehkan prestasi dengan meraih perolehan suara tertinggi di Indonesia.

Sementara itu, Hillary Brigitta Lasut, yang bergabung di Partai Demokrat, berhasil meraih suara terbanyak pada dapil Sulawesi Utara. Pada periode sebelumnya, ia telah mencuri perhatian publik karena menjadi anggota DPR RI termuda pada usia 22 tahun dari Partai Nasdem.

Selanjutnya, terdapat nama Airin Rachmi Diany yang merupakan mantan Wali Kota Tangerang Selatan dari dapil Banten III mewakili Partai Golkar. Terdapat juga nama mantan anak presiden yaitu Puan Maharini, anak dari Presiden Megawati Soekarnoputri dan maju lewat PDIP.

I Nyoman Parta juga memperoleh suara jumbo disokong PDIP dari dapil Bali. Dirinya merupakan anggota DPR RI yang dikenal tegas dan kerap kali meluapkan kritiknya. Selanjutnya, terdapat Fauzi Amro yang merupakan Caleg dengan perolehan suara tertinggi di dapil Sumsel I.

Peroleh suara jumbo selanjutnya yaitu Sofyan Tan yang pernah menjadi calon Wali Kota Medan pada Pilkada 2010. Posisi selanjutnya yaitu Cucun Ahmad Syamsurijal yang berasal dari partai PKB. Cucun menjadi caleg dengan suara tertinggi di dapil Jabar II.

Source : CNBC Indonesia