Sekjen Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2021-2023, Iggi Haruman Achsien mengungkapkan bahwa ternyata Islam adalah agama yang mendorong umatnya untuk bebas secara finansial alias financial freedom. Hal ini terungkap melalui sejumlah ibadah yang wajib diterapkan.

Menurut Iggi, sejumlah ibadah yang diwajibkan bagi umat Muslim di seluruh dunia, seperti zakat, sedekah, hingga haji adalah ibadah yang diperuntukkan bagi orang kaya karena memerlukan uang yang banyak.

Mengacu pada hal itulah ia menilai bahwa Islam mendorong para umatnya untuk bebas secara finansial dan memiliki banyak harta agar dapat beribadah.

“Financially freedom, itu, kan berarti dari uang yang kita miliki itu bisa menghidupi kita. Ini sejalan dengan ajaran Islam,” kata Iggi dalam acara ‘Ramadanomics 2024’ oleh CNBC Indonesia di Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

“Saya bahkan berprasangka bahwa Islam itu untuk orang kaya, bukan orang miskin,” lanjutnya.

Terkait prasangka tersebut, Iggi mencontohkan tujuan berpuasa serta umat Muslim yang mampu secara finansial dan diwajibkan untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk zakat fitrah menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Ada yang tahu Zainuddin MZ? Ia dulu berceramah bahwa hikmah berpuasa adalah merasakan penderitaan orang miskin. Berarti yang merasakan penderitaan orang miskin siapa? Orang kaya,” ujar Iggi.

“Biasanya menjelang Idul Fitri banyak yang sibuk menghitung hartanya untuk berzakat. Siapa yang berzakat, infaq, shodaqoh? Orang kaya dan yang punya kelebihan harta. Siapa yang bisa naik haji? Orang kaya,” lanjutnya.

Dengan mengacu ibadah-ibadah tersebut, Iggi meyakini bahwa Islam menganjurkan para umatnya untuk bebas secara finansial. Bahkan, ia turut mengambil contoh mahar pernikahan Nabi Muhammad SAW kepada Siti Khadijah.

“Jangan-jangan Islam itu untuk orang kaya dan menganjurkan umatnya untuk financially free,” tutur Iggi.

Sebagai informasi, dalam menyemarakkan Ramadan 1445 sekaligus menghadirkan edukasi seputar keuangan, CNBC Indonesia menggelar Ramadanomics 2024 dengan tema Pintu Berkah Menuju Financial Freedom. Acara ini berlangsung pada Rabu, 3 April 2024 pukul 14.00-18.00 WIB, di Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat.

Ramadanomics 2024 kali ini menghadirkan narasumber CEO Kasisolusi Deryansha Azhary, Founder & Creative Director Parte Qonita Al Jundiah, Financial Expert CNBC Indonesia Ayyi A Hidayah, dan Financial Expert CNBC Indonesia Aulia Akbar.

Iggi H. Achsien – Sekjen Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) tampil sebagai keynote speaker, ada pula M. Pradana Indraputra – Staf Khusus Menteri Investasi/ BKPM RI, dan terakhir Ustadz William Gunardi. Acara Ramadanomics turut didukung oleh PT Pertamina (Persero).

Source : CNBC Indonesia