Belakangan ini, Hermanto Tanoko mencuri perhatian usai membawa perusahaan bata PT Superior Prima Sukses Tbk. (BLES) melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), dan mengungkapkan bahwa dirinya telah menambah saham BBRI, BMRI, dan BBNI ke dalam portofolio investasinya.

Kini, ia kembali menjadi sorotan usai tiba-tiba melompat ke posisi orang kedua terkaya di Indonesia, menurut Forbes. Ia menyalip Hartono bersaudara dan taipan batu bara Low Tuck Kwong dan berada tepat di bawah Prajogo Pangestu.

Konglomerat RI yang dijuluki ‘Crazy Rich’ asal Surabaya itu saat ini memiliki kekayaan sebesar US$34,3 miliar atau sebesar Rp554,87 triliun.

Bertambahnya pundi-pundi Hermanto tidak terlepas dari sejumlah bisnis yang ia miliki, yang pergerakannya terpantau telah melesat di BEI.

Adapun saham produsen air minum dalam kemasan Cleo miliknya, PT Sariguna Primatirta Tbk. (CLEO) tercatat telah naik 84,62% ke posisi 1.200 per saham, dalam enam bulan terakhir. Sementara itu, emiten distributor produk farmasi miliknya PT Penta Valent Tbk. (PEVE) melesat 64,47% ke posisi 250 per saham, dalam enam bulan terakhir.

Kemudian perusahaan keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk. (CAKK) tercatat melesat 39,02% ke posisi 171 per saham, dalam tiga bulan terakhir.

Selanjutnya, perusahaan ritel busana PT Mega Perintis Tbk. (ZONE) milik Hermanto tercatat meroket 22,77% ke posisi 1.240 per saham dalam sepekan terakhir.

Selain perusahaan-perusahaan tersebut, ia memiliki beberapa perusahaan lainnya, seperti perusahaan properti PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk. (RISE), perusahaan keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk. (CAKK), dan perusahaan ritel bahan bangunan PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk. (DEPO).

Perusahaannya yang paling terkenal adalah produsen cat besar di Indonesia PT Avia Avian Tbk. (AVIA). Perusahaan itu didirikan oleh ayahnya Soetikno Tanoko, pada tahun 1978.

Saat ini, Hermanto dan kakaknya Wijono Tanoko, mengendalikan Grup Tancorp yang menaungi berbagai bisnis keluarganya yang menggurita serta beberapa anak usaha hingga cucunya.

Hermanto juga aktif menggunakan sosial media dan berbagai pengalaman dan tips-tipsnya soal bisnis. Yakni dengan username @htanoko di Instagram dan YouTube.

Source : CNBC Indonesia