Pembukaan Olimpiade Paris 2024 bakal digelar, Jumat (26/7/2024) malam ini.

Meski ada sabotase di jaringan kereta cepat, Perancis menyatakan bahwa upacara pembukaan bakal berjalan sesuai rencana.

Pasalnya, sebanyak 45.000 polisi dan ribuan tentara disiagakan untuk helatan akbar di jantung negara Perancis tersebut.

Sebagaimana diberitakan Reuters, parade pembukaan akan menampilkan prosesi tongkang yang akan membawa hampir 7.000 atlet menyusuri Sungai Seine melewati landmark paling terkenal di Paris.

Sementara lebih dari 300.000 penonton bakal menyaksikan dari tepi sungai Seine.

Sejak Olimpiade terakhir, Olimpiade Musim Dingin yang diadakan di Beijing pada 2022, perang telah meletus di Ukraina dan Gaza, memberikan latar belakang internasional yang sangat tegang.

Perancis berada pada tingkat keamanan tertinggi, meskipun para pejabat berulang kali mengatakan tidak ada ancaman khusus terhadap upacara pembukaan atau Olimpiade.

Sebagai bagian dari operasi keamanan besar-besaran, pihak berwenang telah menggunakan wewenang yang diberikan oleh undang-undang anti-terorisme.

Yakni dengan menempatkan 155 orang di bawah pengawasan yang ketat untuk membatasi pergerakan masyarakat, menurut data resmi dan tinjauan kasus oleh Reuters.

Sementara itu, peserta Israel dikawal oleh unit taktis elit ke dan dari acara serta diberikan perlindungan 24 jam sepanjang Olimpiade, kata para pejabat.

Diketahui, sejumlah pemimpin dunia juga bakal berada di Paris untuk menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024.

Sebagai upaya pencegahan, Perancis akan menempatkan penembak jitu di atap rumah untuk melindungi para pemimpin dunia.

Bahkan di dasar sungai Seine juga telah tersapu dari ancaman bom, dan wilayah udara Paris akan ditutup sementara.

Satu hal yang tidak diketahui dalam upacara terbuka adalah cuaca dan diperkirakan akan berawan.

Namun, penyelenggara berharap akan ada “golden hour” matahari terbenam yang menyinari gedung-gedung di tengah-tengah upacara pembukaan nanti.

Lebih dari 10.500 atlet akan berkompetisi di Olimpiade, 100 tahun sejak Paris terakhir kali menyelenggarakan Olimpiade tersebut.

Kompetisi dimulai pada hari Rabu dan medali emas pertama dari 329 medali akan diberikan pada hari Sabtu. Upacara penutupan akan berlangsung pada 11 Agustus.

Untuk Olimpiade secara lebih umum, pesawat pengintai radar dan drone Reaper akan memantau lokasi sensitif dari atas, dan jet tempur Mirage 2000 akan bersiaga untuk mencegat pesawat yang masuk di wilayah udara Paris.

Siaran langsung upacara pembukaan Olimpiade 2024 bisa disaksikan melalui stasiun televisi SCTV dan live streaming di Vidio pukul 19.30 waktu Paris atau pukul 00.30 WIB atau 01.30 WITA, atau 02.30 WIT pada Sabtu dini hari (27/7/2024).

Source : Kompas/Reuters. Foto: Getty Images: Mustafa Ciftci