Seorang lansia bernama Elizabeth Francis dinobatkan sebagai orang tertua di Amerika Serikat.

Baru-baru ini, dia juga merayakan ulang tahunnya ke-115 pada Kamis (25/7/2024) dengan dua potong kue vanila, demikian dilaporkan Washington Post.

Pada April, Francis dianugerahi sebuah plakat yang mengakuinya sebagai orang tertua di AS dari LongeviQuest, sebuah organisasi yang melacak orang tertua di dunia.

“Dia sangat terkejut mendengar bahwa dia sekarang menjadi yang tertua. Dia tidak dapat mempercayainya,” kata cucu perempuan Francis, Ethel Harrison, kepada Washington Post.

Apa rahasia Francis bisa hidup hingga begitu lama?

“Ucapkan apa yang ada di pikiranmu dan jangan menahan lidahmu,” kata Elizabeth Francis seperti dilansir The Guardian.

Berasal dari Houston, Francis mengaku telah melalui banyak hal mulai dari Perang Dunia I hingga tenggelamnya Titanic.

“Dia telah melihat banyak hal dalam 115 tahun hidupnya. Namun, tidak ada yang membuatnya gelisah,” kata Ben Meyers kepala eksekutif LongeviQuest.

Sebaliknya, Francis selalu menyambut setiap babak dalam hidupnya dengan rasa optimisme, humor, kekuatan, dan kebijaksanaan.

Francis mengaitkan bahwa sebagian dari rahasia umur panjangnya adalah karena keyakinan agamanya. Dia adalah jemaat dari gereja Good Hope Missionary Baptist.

Faktor genetik juga berperan. Mendiang saudara perempuannya, Bertha Johnson hidup hingga usia 106 tahun.

Francis mewarisi gelar orang Amerika tertua yang diketahui masih hidup setelah kematian Edie Ceccarelli pada 22 Februari lalu. Ceccarelli meninggal sekitar dua minggu setelah hari ulang tahunnya yang ke-116, di Willits, California.

Secara global, diketahui hanya ada tiga orang yang lebih tua dari Francis. Dua berusia 116 tahun yakni Tomiko Itooka dari Jepang dan Inah Canabarro Lucas dari Brasil. Maria Branyas Morera dari Spanyol berusia 117 tahun.

Francis belum lama ini juga bergabung dengan 67 orang di seluruh dunia yang diketahui telah mencapai usia 115 tahun. Dia termasuk di antara 25 orang Amerika dengan umur terpanjang yang pernah diketahui, menurut LongeviQuest.

Ketika ditanya tentang tanggapannya terhadap fakta-fakta tersebut, Francis pun menjawab bahwa ia hanya ingin menjalani hidup setiap hari.

Source : CNBC Indonesia