Chairman dan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett mengungkapkan satu hal yang menurutnya harus dipegang teguh jika ingin bertahan lama di industri. Tanpanya, hidup seseorang bisa hancur dalam lima menit saja.

Sebagaimana diketahui, sebagian besar perusahaan yang dimiliki oleh Berkshire Hathaway juga memiliki reputasi cemerlang.

Buffett mempertaruhkan reputasinya melalui keputusan yang diambil oleh para manajer yang menjalankan perusahaannya.

Baginya, reputasi adalah ukuran tertinggi dari kesuksesan seseorang. Reputasi adalah aset yang sangat berharga dan harus dijaga setiap hari.

Buffett sering mengingatkan akan pentingnya reputasi melalui dua kutipan terkenalnya.

Pertama, “Butuh 20 tahun untuk membangun reputasi dan lima menit untuk merusaknya. Jika memikirkan hal itu, orang akan melakukan segalanya dengan berbeda,” ucap Buffet dikutip dari Forbes, Rabu (14/8/2024).

Ia pun pernah berpesan bahwa “Kehilangan uang untuk perusahaan, dan saya akan memaklumi. Kehilangan sedikit pun reputasi untuk perusahaan, dan saya akan menjadi sangat keras.”

Pernyataan-pernyataan dari Buffett ini menekankan pentingnya tetap setia pada diri sendiri dan nilai-nilai, bahkan ketika dihadapkan pada situasi yang menantang dan penuh tekanan.

Dalam dunia bisnis yang penuh dengan keputusan sulit, sangat penting untuk tetap berpegang pada integritas.

Buffett memahami betul nilai dari integritas. Orang-orang yang beroperasi dengan karakter dan integritas dapat dipercaya.

Sehingga, yang berbisnis dengannya tidak perlu khawatir tentang tindakan mereka atau apakah mereka menyembunyikan sesuatu.

Seorang pemimpin dengan karakter membawa lebih banyak kebenaran dan orang-orang yang jujur ke dalam bisnis, yang membuatnya sangat menarik bagi mereka yang mencari merek yang jujur.

Buffett telah lama menyadari keunggulan kompetitif yang berasal dari membiarkan integritas memandu keputusan bisnis dan melindungi reputasi. Buffett menasihati para pemimpin untuk menilai integritas di atas semua sifat saat menilai kandidat kerja selama proses wawancara.

“Kami mencari tiga hal ketika kami merekrut orang. Kami mencari kecerdasan, kami mencari inisiatif atau energi, dan kami mencari integritas. Dan jika mereka tidak memiliki yang terakhir, dua yang pertama akan menghancurkanmu, karena jika seseorang tanpa integritas dipekerjakan, maka orang tersebut sebaiknya malas dan bodoh,” kata dia.

Buffett mengingatkan bahwa kepemimpinan dan praktik bisnis adalah cerminan dari diri sendiri, sehingga siapa pun perlu untuk menjaga reputasi dengan segala cara.

Source : CNBC Indonesia