Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat saat Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih, Sabtu (17/8/2024).

Terlihat Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Banjar, Kalimantan Selatan, berwarna merah dengan dengan ornamen emas.

Baju adat Banjar itu memiliki simbol naga yang mencerminkan kekuasaan dan kebaikan. Hingga kini masih sering digunakan masyarakat Banjar, utamanya untuk acara pernikahan.

Iriana sendiri menggunakan baju yang mengkompilasikan baju adat nusantara di Indonesia.

Presiden terpilih Prabowo Subianto juga turut hadir di Istana Negara Nusantara. Prabowo berdiri di samping kanan Jokowi. Dia mengenakan beskap berwarna abu-abu.

Paginya saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian baju adat Kustin berwarna hitam dengan ornamen emas khas Kalimantan Timur.

Baju adat ini merupakan khas masyarakat suku Kutai, Kalimantan Timur. Pakaian itu umumnya digunakan oleh golongan menengah ke atas untuk menghadiri upacara resmi masa Kerajaan Kutai Kertanegara.

Seperti diketahui di IKN rangkaian upacara 17 Agustusan sudah dimulai pukul 00.00 WITA dengan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN. Agenda berlanjut 9.15 WITA untuk pertunjukan kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

Kemudian, ada Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Salinan Teks Proklamasi di Istana Negara IKN Pukul 10.15 WITA sebelum pada pukul 11.00 WITA Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Istana Negara IKN dimulai.

Source : CNBC Indonesia