Hidup dengan umur yang panjang adalah impian bagi hampir semua orang di dunia.

Meskipun terdengar mustahil karena usia adalah rahasia Tuhan, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk berumur panjang.

Melansir dari CNBC Make It, makanan dalam diet harian ternyata memiliki peran besar untuk menentukan seberapa sehat tubuh dan berapa lama hidup seseorang.

Ternyata, hal ini mengacu pada salah satu praktik utama bagi masyarakat Zona Biru yang terkenal berumur sangat panjang, yakni mengonsumsi makanan-makanan nabati, seperti buah-buahan, sayur-mayur, dan kacang-kacangan.

Berdasarkan hasil wawancara CNBC Make It dan beberapa publikasi, sebagian besar orang yang berusia 100 tahun lebih menilai bahwa pola makan adalah faktor utama umur panjang dan kesehatan baik mereka.

Lantas, apa saja makanan yang dikonsumsi dan hal yang tak pernah dilakukan oleh orang-orang sehat berusia lebih dari satu abad? Berikut ulasannya.

1. Elizabeth Francis (115 Tahun)
Elizabeth Francis adalah salah satu orang tertua yang masih hidup di Amerika Serikat (AS) hingga lebih dari satu abad. Perempuan berusia 115 tahun itu mengungkapkan bahwa ia bukanlah sosok pemilih makanan alias suka mengonsumsi apapun.

“Francis selalu menanam sayuran di halaman belakang rumahnya. Tak hanya itu, saya pun tidak pernah melihat Francis pergi ke restoran makanan cepat saji (fastfood) dan tempat-tempat lainnya yang saya kunjungi,” ungkap cucu Francis, Ethel Harrison.

Selain tidak pernah mengonsumsi makanan cepat saji, Harrison juga mengungkapkan bahwa Francis tidak pernah merokok dan minum alkohol.

2. Deborah Szekely (102 Tahun)
Pada usia 102 tahun, Deborah Szekely disebut masih aktif membantu mengelola resor kebugaran dan spa miliknya selama tiga kali seminggu. Sejak kecil, Szekely telah menerapkan pola makan nabati.

“Saya seorang pescatarian dan sebenarnya saya beruntung tidak pernah makan daging berkat orang tua saya,” kata Szekely.

Szekely mengatakan, saat sarapan ia selalu mengonsumsi yogurt, pisang, dan biji-bijian utuh. Kemudian saat makan siang, ia selalu makan salad di rumah atau restoran. Terakhir, Szekely selalu makan malam dengan menu olahan ikan, salad, dan kentang panggang.

Jika mengacu pada menu makanan sehari-hari, pola diet Szekely sangat mirip dengan diet Mediterania yang mencakup ikan, biji-bijian utuh, dan buah-buahan serta sayuran.

3. Shirley Hodes (106 Tahun)
Shirley Hodes mengungkapkan bahwa sepanjang 106 tahun hidup, ia selalu berusaha untuk membatasi jumlah konsumsi lemak hewani dan hanya minum susu skim.

“Saya suka makan makanan sederhana dan seimbang tanpa terlalu banyak manisan,” kata Hodes.

Hodes mengaku bahwa pola makan tersebut adalah hasil adaptasi dari pedoman yang diajarkan kursus gizi Palang Merah selama Perang Dunia II.

4. Daisy McFadden (99 Tahun)
Daisy McFadden mengatakan bahwa salah satu jurus utama panjang umurnya adalah tidak pernah mengonsumsi minuman soda sekalipun dan menggantinya dengan air mineral, jus, susu, atau es teh.

McFadden menyebut, ia memiliki menu-menu khusus untuk setiap waktu makan, yakni sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan penutup. Berikut daftar menu makanan McFadden.

1. Sarapan: Oatmeal, jus cranberry, dan pisang

2. Makan siang: Salad dengan bit, mentimun, tomat, dan ayam atau ikan

3. Makan malam: Daging tanpa lemak dan sayuran kukus

4. Makanan penutup: Buah segar

Source : CNBC Indonesia