Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan melantik sejumlah akan melantik sejumlah menteri, wakil menteri, dan kepala badan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Perombakan itu dilakukan untuk mempersiapkan transisi pemerintahan berikutnya supaya berjalan lancar.

“Pengangkatan menteri, wakil menteri, dan kepala badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Senin (19/8/2024).

Sebagai informasi, pelantikan kabarnya akan dilaksanakan pada hari ini pada pukul 9.30 WIB di Istana Negara, Jakarta.

Berikut daftar posisi Menteri dan Wakil Menteri dan Kepala Badan baru Jokowi yang akan dilantik hari ini:

a. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia

b. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral

c. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal

d. Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika

e. Kepala Badan Gizi Nasional

f. Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan

g. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Salah satu menteri yang dikabarkan akan diganti adalah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly. Ia pun telah mengonfirmasi kebenaran kabar tersebut. “Iya, benar,” ujar Yasonna saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (18/8/2024).

Yasonna, politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, akan digantikan oleh politikus senior Partai Gerakan Indonesia Raya Supratman Andi Agtas. Sebelumnya, Supratman merupakan Ketua Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Namun, per 6 Agustus 2024, Supratman digantikan oleh koleganya, Wihadi Wiyanto. Wihadi merupakan anggota Fraksi Gerindra di Komisi III DPR RI.

Selain Yasonna, reshuffle juga menyasar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif. Arifin dikabarkan akan diganti Bahlil Lahadalia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

“Ya, tunggu saja, tunggu saja. Sesuatu pasti ada waktunya” jawab Arifin singkat beberapa waktu lalu..

Sedangkan posisi Menteri Investasi/Kepala BKPM akan diisi oleh Rosan Roeslani. Rosan merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024. Namun posisi Wamenkominfo saat ini masih belum diketahui siapa yang akan mengisi posisi tersebut.

Untuk Badan Gizi Nasional akan diisi Prof. Dadan Hindayana. Badan Gizi Nasional baru dibentuk melalui Perpres 82/2024 yang diteken Jokowi pada 15 Agustus 2024.

Sementara Hasan Nasbi sebagai Kepala Badan Komunikasi Kepresidenan. Meski demikian, Hasan belum mau berkomentar banyak.

“Tunggu saja besok ya,” katanya melalui pesan singkat, kemarin malam.

Selain itu presiden juga dikabarkan akan melantik Plt Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Rizka Andalusia sebagai Kepala BPOM Definitif.

Source : CNBC Indonesia