Paetongtarn Shinawatra menjadi Perdana Menteri (PM) termuda Thailand. Ia berusia 37 tahun.

Perdana Menteri (PM) Thailand Paetongtarn Shinawatra melakukan swafoto bersama pendukungnya usai upacara pengesahan kerajaan di Bangkok, Thailand, Minggu (18/8/2024).
Thailand resmi mengangkat Paetongtarn Shinawatra sebagai Perdana Menteri baru Thailand usai mendapat restu dari Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. Saat diangkat menjadi PM Thailand, Paetongtarn Shinawatra masih berusia 37 tahun.
Paetongtarn menggantikan Srettha Thavisin yang dipecat oleh Mahkamah Konstitusi karena pelanggaran kode etik buntut penunjukan menteri mantan narapidana.
Pengangkatan Paetongtarn mengikuti serangkaian perubahan politik Thailand selama seminggu terakhir, di mana Mahkamah Konstitusi setempat menggulingkan Srettha Thavisin, pendahulunya dari Partai Pheu Thai.
Terpilihnya Paetongtarn pun menjadikan dia PM termuda Thailand sekaligus PM perempuan kedua negara itu setelah bibinya, Yingluck Shinawatra. Paetongtarn Shinawatra juga merupakan putri dari mantan pemimpin Thailand yang digulingkan yakni Thaksin Shinawatra yang berkuasa di 2001 hingga 2006.

Source : CNBC Indonesia. Foto : Reuters