PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) mendapat penghargaan lagi. Terbaru adalah penghargaan khusus kategori “Remarkable Preservation in Herbal Medicine Tradition” di ajang CNN Indonesia Awards.

Penghargaan kepada Sido Muncul sebagai perusahaan yang dinilai berhasil melestarikan tradisi minum jamu itu diserahkan Direktur Utama CNN Indonesia Titin Rosmasari
di Hotel Padma Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/8/2024) malam.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menegaskan meski terus melakukan inovasi produk pihaknya memang selalu berupaya melestarikan tradisi minum jamu.

“Kami tetap memproduksi jamu-jamu tradisi lama yang diseduh. Tradisi minum jamunya yang diminum, rasanya lewat tenggorokan dalam bentuk cair harus ada. Nah ini salah satu yang Sido Muncul berhasil melestarikan,” ujar Irwan Hidayat di Resto Bima Yamgor, kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2024).

CNN Indonesia Awards
adalah ajang penghargaan untuk Pemerintah Kota/Pemerintah Kabupaten, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) hingga pihak swasta yang berhasil dengan program dan inovasi terbaik.

“Industri jamu, obat-obatan dan kesehatan itu tak akan pernah habis, terus diperlukan sepanjang zaman,” ujar Irwan Hidayat.

Beberapa produk unggulan Sido Muncul yakni Tolak Angin, Kuku Bima Energi, Alang Sari Cool (produk RTD), Sido Muncul Vitamin C+D (produk VCD/RTD), Esemag (Herbal), Sari Kunyit Plus (Herbal), dan Female Balance (Herbal).

Sebagaimana diketahui, berdasarkan catatan laporan keuangan per 30 Juni 2024, Sido Muncul membukukan laba bersih Rp608,49 miliar atau naik 35,79% secara year-on-year (YoY) dibandingkan enam bulan pertama 2023 sebesar Rp448,10 miliar.

Kenaikan laba bersih didorong penjualan yang juga meningkat 14,68% YoY menjadi Rp1,89 triliun per semester I/2024, dibandingkan periode sama 2023 sebesar Rp1,65 triliun.

Penjualan Sido Muncul ditopang dari jamu herbal dan suplemen sebesar Rp1,11 triliun, dikuti makanan dan minuman sebesar Rp716,70 miliar, serta farmasi sebesar Rp66,19 miliar.

Irwan Hidayat menyatakan Sido Muncul bisa sampai di titik pencapaian yang sekarang juga berkat kepercayaan dan loyalitas karyawan.

Oleh karena itu, menurut dia, kepercayaan dan loyalitas karyawan merupakan salah satu kunci penting agar perusahaan bisa tumbuh dan terus maju.

“Kami bisa seperti ini karena kepercayaan dan loyalitas karyawan Sido Muncul ya kalau mereka nggak loyal, tidak percaya sama kami, Sido Muncul tidak akan seperti ini,” ujar Irwan Hidayat.

Ia menambahkan, peran media juga sangat penting dalam memberikan informasi segala hal yang perlu disampaikan untuk masyarakat.

“Media menjadi jembatan informasi bagi masyarakat,” ujar Irwan Hidayat. YCM

Source : JPNN/VOI