Menyadari perekonomian keluarganya goyah di tengah pandemi Covid-19 pada 2020 lalu, Wynne Armelina membuat sebuah keputusan besar.

Ia pun memutuskan mencoba menjadi konten kreator di Shopee Video, mencari penghasilan tambahan dan pengalaman baru sambil berkuliah.

Wynne mengungkapkan, dirinya tak menduga bahwa langkah tersebut membawa hasil menguntungkan.

Berawal dari keinginan memberikan rekomendasi produk kepada audiens yang lebih luas, wanita 22 tahun itu kini berhasil mewujudkan mimpi membangun bisnis biliar.

“Setelah beberapa tahun giat membuat konten di Shopee Video, aku berhasil mendapatkan penghasilan tambahan yang sangat signifikan. Menurutku, Shopee Video menjadi salah satu platform yang paling banyak memberikan keuntungan dan dukungan bagi content creator. 98 persen komisi utamaku berasal dari Shopee Video, followers dan kerja sama dengan berbagai brand pun juga semakin banyak,” kata Wynne.

Konsistensi menjadi tantangan tersendiri bagi Wynne mengembangkan karier lewat Shopee Video, di mana ruang gerak jadi serba terbatas saat pandemi.

Namun, hobi bergaya di depan kamera memberinya keberanian untuk mencari peluang baru dan menyusun strategi.

Bagi Wynne, setiap konten yang dia buat merupakan hasil dari dedikasi yang kuat, serta usaha selalu belajar, berinovasi, dan beradaptasi dengan tren yang ada.

Dari sana, dirinya berhasil mendapatkan komisi hingga ratusan juta rupiah dengan waktu kerja yang fleksibel, serta pertemuan dengan orang-orang baru, mulai sesama kreator, tim dari Shopee, hingga audiens.

“Aku merasakan dampak yang luar biasa sejak bergabung di Shopee Video. Aku bisa mengikuti passion aku yang sejak dulu suka membuat video tutorial, dan berbagi rekomendasi produk yang aku suka hingga produk yang lucu dan unik,” katanya.

Trik Wynne Jadi Konten Kreator di Shopee

Mendapatkan hasil nyata melalui beragam video yang diunggah di Shopee Video, Wynne membagikan tiga tips bagi pemula yang ingin memulai karier sebagai seorang konten kreator:

1. Konsisten

Secara khusus, Wynne menggarisbawahi konsistensi dan kemauan untuk selalu berinovasi. Selain menentukan tipe konten yang disukai, konten kreator juga sebaiknya mempelajari konten yang dicari dan disukai oleh audiens.

Hal lain yang juga penting, tentukan jadwal posting video secara rutin, dengan penyesuaian terhadap kesibukan sehari-hari.

Wynne menjelaskan, konten kreator akan mendapatkan respons berbeda-beda dari audiens. Karena itu, konsisten mengunggah video jadi kunci, sambil terus belajar dan berinovasi dalam membuat konten yang relevan, menarik, dan bermanfaat.

“Konsistensi itu adalah hal terpenting yang harus selalu kamu jaga dalam dunia konten. Jangan sampai kamu kehilangan atensi dari audiens karena jarang posting. Usahakan upload konten secara rutin, dan kalau bisa setiap hari lebih baik lagi! Aku sudah posting video sejak 2022 hingga sekarang sudah ratusan video,” ujar Wynne.

2. Update tren terbaru

Wynne mengakui, dirinya mendapatkan formula konten yang disukai audiens setelah beberapa tahun. Agar mendapatkan hal itu, konten kreator harus selalu mengetahui perkembangan, serta rajin mencari ide baru dari tren yang sedang terjadi, sehingga produk yang direkomendasikan menarik bagi penonton.

“Semakin kamu mengerti apa yang audiens kamu sukai, semakin mudah bagi kamu untuk membuat rencana konten yang akan membuat mereka betah menonton, mengikuti, dan ikut membeli produk yang kamu rekomendasikan. Jadi, rajin lihat komentar, berinteraksi dan mendengarkan saran dari followers-mu, ya,” kata Wynne.

3. Kualitas video

Kualitas video pun harus menjadi perhatian konten kreator, baik secara visual, audio, maupun terkait informasi yang disampaikan.

Wynne mengingatkan, kreativitas bisa terus digali, misalnya dengan mencoba format konten baru, gaya pengambilan gambar yang berbeda, maupun menjajal konsep baru.

“Buat konten dengan kualitas video yang baik, di mana isi review yang kamu berikan harus lengkap dan bahasannya pun detail. Produk yang ditampilkan juga harus terlihat jelas dengan resolusi gambar yang bagus. Pastikan pilihan tulisan bisa terbaca dengan mudah, suara atau VO pastikan ceria biar video jadi lebih menarik, serta pilihlah lagu yang sesuai,” papar Wynne.

Merasa masih harus meningkatkan kualitas konten, Wynne mengungkapkan bahwa dirinya terbantu oleh komisi dari Shopee Video, yang membuatnya bisa melengkapi peralatan membuat konten.

Mulai dari kamera, handphone, lampu untuk pencahayaan yang membuat kualitas video jadi lebih baik. Pastinya kreativitas akan membuat kontenmu selalu fresh dan menarik,” ujarnya.

Perjalanan bersama Shopee Video dan Shopee Affiliate bisa dimulai sekarang juga dengan tips dan trik dari Wynne.

Terlebih, Shopee tak hanya memberikan keuntungan bagi kreator Shopee Video, melainkan juga pengguna yang dapat menikmati Promo Non Stop Setiap Hari di Shopee Video.

Tersedia promo menarik seperti Diskon 20% Khusus Golden Tick, di mana pengguna bisa mendapatkan promo lebih besar jika berbelanja melalui keranjang oranye pada video Kreator bertanda Golden Tick.

Lalu, dengan Nonton Shopee Video selama 15 menit, pengguna juga berkesempatan memperoleh Koin Shopee 20RB dan berbagai hadiah lain.

Source : CNN Indonesia