Berlian terbesar dalam lebih dari satu abad telah ditemukan – dan para ahli mengatakan permata raksasa itu bisa bernilai lebih dari US$100 juta atau Rp 1,54 triliun.

Presiden Botswana, negara Afrika tempat batu berharga itu digali oleh para penambang, memamerkan berlian seukuran kepalan tangan – yang memiliki berat 2.492 karat sekitar satu pon – pada upacara minggu ini.

Dilansir dari New York Post, Para pejabat mengatakan masih terlalu dini untuk menilai batu itu atau memutuskan bagaimana batu itu akan dijual.

Namun sumber yang dekat dengan Lucara, perusahaan pertambangan Kanada yang menemukan berlian di Tambang Karowe miliknya, memperkirakan nilainya bisa lebih dari $40 juta.

Beberapa orang dalam industri mengatakan bahwa angka tersebut tampak seperti angka konservatif, berdasarkan ukuran batu berkilauan yang menakjubkan.

Pakar berlian terkemuka Fred Cuellar mencatat bahwa pada tahun 2016 berlian yang lebih kecil dari tambang yang sama di Botswana dijual seharga $63 juta.

Cuellar mengatakan berlian dihargai seperti rumah: “Berapa harga rumah serupa yang dijual di lingkungan sekitar?” Jika kecurigaannya benar, dia mengatakan berlian itu bernilai antara $100 juta dan $160 juta.

Berlian itu kemungkinan berisi satu batu “menakjubkan” di dalamnya bersama dengan enam atau tujuh batu lainnya, kata Cuellar kepada The Post.

Berlian yang belum disebutkan namanya minggu ini dipersembahkan kepada dunia di kantor Presiden Botswana Mokgweetsi Masisi, yang merupakan salah satu orang pertama yang bisa memegangnya.

“Ini luar biasa,” kata Masisi. “Saya beruntung telah melihatnya di zaman saya.” Dia tersentak dan berkata “wow” sebelum memanggil pejabat senior pemerintah untuk melihat lebih dekat.

Tambang Karowe telah memproduksi empat berlian dengan berat lebih dari 1.000 karat selama dekade terakhir.

Berlian bersejarah terbaru ini ditemukan menggunakan teknologi sinar-X, kata Lucara.

Source : CNBC Indonesia