Penjabat (Pj) Bupati Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) M Syarifuddin mendorong petani cabai hiyung untuk memperluas cakupan pengembangan usaha komoditas cabai guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi petani.

“Sebagai bentuk dukungan, Dinas Pertanian dan perusahaan swasta terus berkolaborasi bagaimana caranya agar komoditas ini semakin dikenal oleh dunia sebagai cabai terpedas,” kata Syarifuddin di Rantau, Tapin, Jumat (30/8/2024).

Pj Bupati Tapin dan jajaran melakukan syukuran panen cabai rawit hiyung di lahan milik Kelompok Tani Rahayu Desa Hiyung di Kecamatan Tapin Tengah pada beberapa waktu lalu.

“Kami melaksanakan acara syukuran panen cabai hiyung sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya petani dalam meningkatkan kesejahteraan melalui sektor pertanian,” ucapnya.

Melalui panen, dia berharap petani dan kelompok tani dapat terus meningkatkan usaha sehingga dapat membawa hasil yang lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tapin.

Syarifuddin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pertanian dan instansi terkait yang telah mendukung pengembangan cabai rawit hiyung yang kini dikenal di tingkat nasional dan internasional.

“Mudah-mudahan kegiatan budidaya cabai rawit hiyung ini bisa terus kita laksanakan dan kembangkan sehingga hasil yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani khususnya di Desa Hiyung,” tuturnya.

Kepala Dinas Pertanian Tapin Tri Asmoro mengatakan perkembangan budidaya cabai rawit hiyung di Kabupaten Tapin khususnya di Kecamatan Tapin Tengah, saat ini memiliki luas lahan sekitar 309,56 kilometer persegi, dengan Desa Hiyung sebagai desa utama penghasil cabai rawit.

“Sekitar 75 persen penduduk di Desa Hiyung menggantungkan hidupnya pada budidaya cabai rawit hiyung, yang sebelumnya merupakan petani padi dengan hasil yang kurang memuaskan,” ujar Tri.

Source : Antara