Saat menginjak masa pensiun, ada sebagian orang yang justru masih aktif bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan ada juga yang sudah mulai menikmati masa santai.

Bekerja atau tidak, sejatinya merupakan pilihan dan, keduanya bukan hal yang salah karena setiap orang memiliki kondisi finansial yang berbeda. Tetapi, bagaimana jika Anda ingin memulai usaha sampingan di usia ini?

Penghasilan tambahan dari bisnis tentu bisa menjadi solusi, baik untuk memenuhi kebutuhan hidup maupun menambah anggaran untuk hal-hal yang membawa kebahagiaan bagi keluarga, seperti liburan atau belanja. Namun, satu hal yang perlu diingat, usia lima puluhan bukan lagi usia muda. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan risiko bisnis yang bisa mempengaruhi kondisi keuangan Anda.

Jika Anda berminat membuka usaha di usia lima puluhan, berikut adalah lima ide usaha yang mungkin bisa menjadi inspirasi:

Penyewaan Aset
Penyewaan aset bisa mencakup berbagai hal, seperti menyewakan kendaraan, rumah, penginapan, sound system, atau peralatan pesta. Jenis bisnis ini cocok untuk pensiunan karena tidak memerlukan terlalu banyak energi dan waktu.

Jika Anda memiliki aset yang jarang digunakan, ini bisa menjadi peluang bisnis yang menarik. Namun, bagi yang ingin membeli aset untuk disewakan, bisnis ini juga tetap bisa dipertimbangkan. Sebagai langkah awal, Anda bisa mulai dengan menyewakan aset yang sudah Anda miliki. Pastikan juga untuk melakukan pengecekan latar belakang penyewa guna menghindari potensi risiko.

Waralaba
Daripada memulai bisnis dari nol dan berusaha memperkenalkan merek sendiri, mengapa tidak mempertimbangkan membeli waralaba? Bisnis waralaba memungkinkan Anda menjalankan usaha dengan dukungan merek yang sudah dikenal.

Dalam sistem waralaba, pemilik modal membeli hak untuk menjalankan bisnis berdasarkan merek yang sudah ada. Pemilik merek akan memberikan panduan operasional, pelatihan untuk karyawan, menyediakan bahan baku, serta mendukung pemasaran. Tugas pemodal hanyalah menjalankan bisnis sesuai standar yang sudah ditentukan.

Dengan memilih salah satu dari ide-ide bisnis ini, Anda bisa menemukan peluang yang sesuai dengan kondisi dan minat Anda. Dengan begitu, masa pensiun Anda bisa lebih produktif dan menyenangkan.

Toko Kelontong
Tertarik buka toko kelontong yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari? Itu tentunya bisa jadi ide bagus.

Namun patut diketahui pula bahwa toko gak hanya sebatas toko kelontong, dan bisa berupa toko-toko lain yang Anda kehendaki. Sebut saja seperti toko baju, toko penjual alat tulis, material, alat listrik, jasa fotokopi, tanaman hias, dan lain sebagainya.

Usaha ini bisa dimulai di rumah sendiri tanpa keluar uang sewa bangunan. Anda pun bisa mengalokasikan modal yang Anda miliki untuk membeli peralatan yang bagus.

Bengkel
Bengkel tentunya juga merupakan usaha yang cukup menguntungkan, dan gak hanya sebatas tempat reparasi mobil atau motor. Anda juga bisa membuka bengkel cuci kendaraan dengan bermodal kompresor, peralatan cuci mobil, dan lain sebagainya.

Sama seperti toko, usaha ini juga bisa digarap di rumah. Dengan catatan, Anda memiliki garasi yang cukup mumpuni untuk memarkir kendaraan para pelanggan.

Bisnis yang Mengikuti Passion
Tak ada yang lebih menyenangkan di masa tua selain menekuni apa yang kita sukai. Kesempatan melakukan hal itu mungkin saja tidak terwujud di saat muda lantaran kesibukan kita yang luar biasa.

Segelintir orang mungkin berpikir, bisnis tempat fitness akan sepi di bulan puasa, bisnis studio band atau rekaman adalah kurang menjanjikan, atau bisnis penitipan hewan pasti melelahkan.

Anggapan-anggapan subjektif itu bisa saja dipatahkan apabila kita memang mencintai bidang tersebut dan punya keseriusan untuk menggarapnya sebagai ladang uang.

Melakukan apapun yang Anda sukai tentu bisa membuat Anda lebih bahagia. Hati yang bahagia juga akan membuat Anda sehat selalu di masa tua.

Source : CNBC Indonesia