Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas mengungkapkan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 bakal dimulai pada bulan Agustus ini. Totalnya 600.000 formasi yang dibutuhkan.

“Yang paling akhir terkait dengan ASN ini, izin kami sekarang di bulan Agustus akan membuka lowongan, membuka pengumuman CASN dari total 600 ribu ada 60.000 formasi untuk IKN dengan seleksi amat sangat ketat dengan talenta digital multitasking,” kata Azwar Anas di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN, dikutip, Selasa (13/8/2024).

Azwar menjelaskan juga akan mendorong rekrutan putra putri terbaik daerah sebagai bentuk afirmasi pemerintah, sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo.

“Atas saran bapak Presiden jika nanti ada 4 juta pendaftar dari total 600 ribu itu, kalau misalnya di Kalimantan yang daftar ada 100.000 putra-putri Kalimantan tidak bersaing dengan 4 juta tadi tapi bersaing dengan yang 100.000 di Kalimantan sebagai bentuk afirmasi pemerintah terhadap putra-putri Kalimantan terbaik,” katanya.

“Sehingga dengan demikian nanti akan ada afirmasi 5% putra-putri terbaik Kalimantan nanti akan bisa masuk ke IKN,” sambungnya.

Lebih lanjut, Menurut Azwar Anas, Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin juga meyakini setelah dibentuk Pemda Khusus IKN masyarakat akan berbondong untuk pindah ke IKN. Sehingga dalam rapat terbatas diputuskan syarat terbuka untuk masyarakat yang mau pindah.

“Syarat-syarat terbuka bagi pemindahan karena syarat untuk berkantor di sini harus punya kemampuan digital dan juga sistem pemerintah berbasis elektronik akan dikerjakan. Sehingga teman-teman, pindahan IKN menurut bapak Presiden bukan hanya pemindahan ASN ke ibu kota tapi juga akan memindahkan cara kerjanya,” kata Azwar Anas.

Source : CNBC Indonesia