Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Agung Wicaksono mengatakan akan ada 10 perusahaan swasta yang melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama dalam waktu dekat ini. Menurut dia, jumlah itu masih bisa terus bertambah.

“Ada konsorsium 10 perusahaan, pokoknya jumlahnya masih bisa terus bertambah, karena semua sudah proses menuju titik akhir,” kata Agung di Gedung DPR, Jakarta, Senin (18/9/2023).

Dia mengatakan pelaksanaan groundbreaking itu kemungkinan akan dilakukan pada tanggal 22 September 2023. Namun, kata dia, tanggal itu masih bisa berubah.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo kemungkinan akan datang dalam acara tersebut, sehingga tanggal pelaksanaan groundbreaking masih menyesuaikan dengan jadwal kepala negara.

“Tanggalnya masih menunggu arahan dari Istana,” tuturnya.

Agung mengatakan semua pengusaha yang akan melakukan groundbreaking itu merupakan swasta dalam negeri. Dia mengatakan total nilai investasi yang dilakukan oleh konsorsium itu mencapai Rp 40 triliun.

Dikutip dari paparan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN), konsorsium Agung Sedayu Group (ASG) akan melakukan groundbreaking pembangunan mall, hotel dan perkantoran pada 21 September 2023.

Di balik konsorsium ASG ini ada nama-nama investor kakap a.l. Agung Sedayu Group (Sugianto Kusuma), Salim Group (Anthony Salim), Sinarmas Group (Franky Wijaya), Pulau Intan (Pui Sudarto), Grup Djarum (Budi Hartono), Wings Group (Wiliam Katuari), Adaro Group (TP Rahmat/Boy Tohir), Barito Pacific (Prajogo Pangestu), Mulia Group (Eka Tjandranegara), dan Grup Astra (Soeryadijaya).

Kedua, groundbreaking pembangunan tempat pelatihan sepak bola berstandar FIFA oleh PSSI. Seremoni ini akan dilakukan pada 22 September 2023. Pada tanggal yang sama, groundbreaking pembangunan rumah sakit bertaraf internasional oleh RS Internasional Hermina akan digelar.

Terakhir, masih di tanggal yang sama, PT Pertamina (Persero) akan melakukan penandatangan MoU pembangunan Pertamina Research Center for Sustainable Green Energy.

Pakuwon Jati Bangun 3 Hotel Mewah

Sebagaimana dilansir CNBC sebelumnya, PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) menggandeng Marriott International untuk membangun tiga hotel mewah di Ibu Kota Nusantara (IKN), yakni Westin, Four Points, dan Tribute Portfolio.

Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama Pakuwon Jati dan PT Bina Karya (Persero) terkait pembangunan pusat perbelanjaan terintegrasi di IKN pada Juli 2023.

“Pembangunan ini merupakan bagian dari mixed-use punya Pakuwon di IKN nanti dan akan dilakukan bersamaan dengan tahapan pembangunan IKN yang sedang berlangsung,” kata Direktur Utama PT Pakuwon Jati Tbk Alexander Stefanus Ridwan Suhendra dalam keterangannya, Kamis (14/9/2023).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pembangunan tahap pertama akan dimulai dengan pembangunan hotel Four Points, kemudian diikuti oleh pembangunan Westin dan Tribute Portfolio.

Dalam kesempatan yang sama, President for Marriott International for Asia Pacific Excluding China (APEC) Rajeev Menon menyampaikan, kerja sama ini merupakan proyek pertamanya di IKN.

“Pembangunan hotel ini penting bagi kami karena kami berkesempatan menjadi yang pertama kali membangun hotel di IKN bersama Pakuwon sebagai pihak yang memiliki komitmen untuk membangun hotel terbaik dari segala sisi,” ujarnya.

Sementara Wakil Kepala OIKN Dhony Rahajoe mengungkapkan, properti Pakuwon nantinya akan dibangun di lokasi yang sangat strategis, yaitu depan Taman Sumbu Kebangsaan.

“Sungguh sebuah kehormatan bisa bekerja sama dengan Pakuwon sebagai perusahaan properti paling top,” pungkasnya.

Source : CNBC Indonesia