Istana menerima surat pengunduran diri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dari jabatannya. Surat tersebut diterima langsung Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Pratikno mengatakan akan segera melapor ke Jokowi. Ia belum bisa memutuskan apakah pengunduran diri itu diterima atau tidak.

“Kita akan segera menindaklanjuti. Saya menunggu arahan Bapak Presiden,” kata Pratikno di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Pratikno berkata kemungkinan akan diterbitkan keputusan presiden untuk memberhentikan Syahrul. Lalu Istana akan mencari menteri pertanian baru.

Ia menyebut akan ada reshuffle kabinet dalam waktu dekat. Namun, Pratikno enggan berspekulasi siapa yang akan mengisi jabatan itu. Pratikno enggan berkomentar saat ditanya isu PDIP akan mengisi posisi tersebut.

“Surat saja baru kita terima, tentu saja kita saya akan melaporkan dulu ke Pak Presiden, tindak lanjutnya akan kami kabarkan segera,” ucapnya saat ditanya kemungkinan PDIP mengisi jabatan menteri pertanian.

Sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo mengantarkan surat pengunduran dirinya ke Istana. Surat itu diberikan langsung ke Mensesneg Pratikno.

Syahrul berkata ingin fokus menghadapi kasus korupsi yang berjalan di KPK. Ia tak mau mengganggu kerja Jokowi dengan kasus ini.

“Saya harap tidak akan sedikit pun mengganggu kinerja Pak Presiden, lebih baik saya ambil sikap seperti ini,” ucap Syahrul.

Di sisi lain Ketua Umum NasDem Surya Paloh juga memerintahkan Syahrul untuk menghadap Jokowi dan menyerahkan surat pengunduran dirinya.

Syahrul dikabarkan telah menjadi tersangka korupsi di Kementerian Pertanian. Namun, KPK belum mengumumkannya secara resmi.

Source : CNN Indonesia