Manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengungkapkan tentang kesepakatan kemitraan strategis dengan TikTok, aplikasi yang dikembangkan oleh ByteDance, raksasa teknologi asal China.

Kesepakatan bernilai jumbo tersebut memiliki beberapa poin penting. Berikut poin-poinnya seperti yang dirangkum oleh Investment Analyst Lead Stockbit, Edi Chandren, melalui ulasannya yang dikutip pada Senin (11/12/2023):

1. TikTok Shop akan kembali beroperasi di Indonesia dengan nama TikTok Shop Indonesia, sementara platform Tokopedia akan beroperasi seperti biasa. Kedua bisnis tersebut akan berada di bawah naungan entitas PT Tokopedia.

2. TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar dan nantinya memiliki 75,01% saham PT Tokopedia. Transaksi senilai US$ 1,5 miliar itu terdiri atas:

– Investasi TikTok sebesar US$ 840 juta atau setara Rp 13,2 triliun yang akan digunakan untuk mengambil bagian dan membayar secara penuh atas saham baru yang akan dikeluarkan oleh PT Tokopedia.

– PT Tokopedia akan menerima promissory note dari TikTok sebesar US$ 1 miliar atau setara Rp 15,7 triliun yang dapat digunakan untuk kebutuhan modal kerja di masa mendatang.

– PT Tokopedia akan melakukan pembelian aset berupa kontrak bisnis dan hak eksklusif untuk memiliki dan mengoperasikan TikTok Shop di Indonesia dari TikTok dengan nilai pembelian sebesar US$ 340 juta atau setara Rp 5,3 triliun.

3. GOTO akan mempertahankan kepemilikan di PT Tokopedia sebesar 24,99%. Porsi tersebut tidak akan terdilusi lebih lanjut oleh pendanaan dari TikTok di masa depan kepada Tokopedia.

4. GOTO akan menerima arus pendapatan (revenue sharing) yang berkelanjutan dari PT Tokopedia yang sepadan dengan skala dan pertumbuhan PT Tokopedia, tetapi dengan persentase yang tidak diinformasikan.

Source : Investor.id