Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan perkembangan terbaru pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) 2024.
Plt Kepala Biro Humas BKN Nanang Subandi mengatakan saat ini pelaksanaan seleksi masih dalam tahap persiapan.

“Jadi ini masih dalam tahap persiapan dengan panitia seleksi nasional,” kata dia dikutip dari Instagram BKN, Jumat, (19/1/2024).

Nanang mengatakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sudah melayangkan surat kepada seluruh pejabat pembina kepegawaian di pemerintah pusat maupun daerah. Surat tersebut, kata dia, meminta para pejabat untuk segera mengusulkan rencana kebutuhan pegawai.

Dia mengatakan BKN saat ini tengah menunggu balasan surat tersebut. Apabila surat sudah diterima, maka BKN akan melakukan verifikasi dan mengolah data itu kembali untuk memastikan rencana kebutuhan pegawai sudah sesuai.

Nanang mengatakan pejabat pembina kepegawaian di instansi pemerintah pusat maupun daerah diberikan tenggat untuk menyampaikan usulan kebutuhan pegawai itu paling lambat 31 Januari 2024. Nanang berkata BKN berharap tenggat waktu ini bisa ditepati mengingat jumlah formasi yang dibuka pada 2024 ini terbilang sangat besar mencapai 2,3 juta. “Jumlah saat ini sangat signifikan,” kata dia.

Dia mengatakan pelaksanaan seleksi akan dibuka dalam 3 gelombang. Pendaftaran tahap pertama, kata dia, akan dilakukan pada Maret 2024. Sementara pelaksanaan seleksi tahap pertama akan dimulai pada Mei 2024.

Sebagaimana diketahui dalam seleksi CASN tahun 2024 ini pemerintah akan membuka 2,3 juta formasi. Sebanyak 1,6 juta formasi ditujukan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Formasi PPPK ini difokuskan untuk menyelesaikan masalah tenaga honorer. Sementara lebih dari 690.822 formasi dibuka untuk Calon Pegawai Negeri Sipil dan dikhususkan bagi lulusan baru.

Source : CNBC Indonesia