Kelenteng Karta Rahardja (Po An Kiong) menggelar kegiatan bagi-bagi paket makanan berbuka puasa (takjil) kepada masyarakat sekitar tempat ibadah umat Tri Dharma itu, Rabu (27/3/2024).

Warga pun terlihat senang dan berebut mendapatkan takjil gratis yang dibagikan oleh para pengurus kelenteng berlokasi di Jalan Niaga Timur Pasar Banjarmasin itu.

Bolak-balik petugas yang membagikan paket mengambil bungkusan ke dalam kelenteng karena langsung habis diserbu dan sudah ditunggu warga sekitar.

“Ada sebanyak 250 paket yang kami bagikan. Smoga bermanfaat dan dapat dinikmati oleh warga yang akan berbuka puasa,” kata Ketua Majelis Rohaniawan Tri Dharma Indonesia (Martrisia) Komda Kalimantan Selatan Chitra Surya Pandi kepada Monitor Borneo di sela-sela acara.

Chitra mengungkapkan kegiatan yang digelar oleh Kelenteng Pasar itu sebagai ungkapan toleransi kepada umat agama lain yang tengah melaksanakan puasa Ramadhan.

Hanya dalam hitungan menit, paket-paket itu pun selesai dibagikan kepada warga lingkungan kelenteng di tengah pasar itu.

“Senang sekali saya dapat paket. Bisa untuk berbuka puasa,” ujar Yuliati, ibu-ibu paruh baya yang berdomisili di sekitar kelenteng.

Halimah, wanita lansia warga Pelabuhan Trisakti yang kebetulan lewat di depan kelenteng, tak luput mendapat pembagian paket dari pengurus kelenteng. “Saya ke sini karena mendengar ada bagi-bagi makanan,” ucapnya.

Chitra menyebutkan, tahun depan Kelenteng Pasar akan genap berusia 1 abad. “Kami ada rencana menggelar peringatan dan mudah-mudahan bisa menggelar kegiatan bakti sosial seperti ini,” pungkasnya. YM