Presiden Joko Widodo optimistis pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur tahap 1 selesai sesuai target. Bahkan dia yakin bisa segera ngantor di IKN Juli nanti.

Jokowi mengungkapkan pemerintah tinggal menunggu air yang berasal dari Bendungan Sepaku Semoi dipompa untuk masuk ke rumah-rumah yang telah dibangun di kawasan IKN.

“Sangat optimis (berkantor di IKN) untuk kantornya, ini masih nunggu satu air. Airnya Juli,” ungkap Jokowi di IKN, Rabu (5/6/2024).

“Airnya juga kemarin sudah kita resmikan dengan Bendungan Sepaku tinggal ini menunggu pompa untuk menaikkan air kemudian dialirkan ke bangunan, rumah-rumah yang ada di ibu kota,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga sempat menginap di rumah Menteri PUPR yang berada di kompleks IKN. Jokowi mengaku bisa tidur nyenyak.

“Tadi malam saya nginepnya di rumah menteri, rumah dinas Menteri PUPR ya pagi sangat indah sekali kemarin waktu sunset matahari terbenam sangat indah sekali dan ya suasana itu yang saya sampaikan, tidur nyenyak sekali,” ujarnya.

Dia juga mengatakan persiapan Upacara HUT Kemerdekaan Indonesia ke-79 yang berlangsung di IKN sudah matang. Jokowi menyebut bahwa perkembangan pembangunan IKN terus menunjukkan hasil yang baik yang ditandai makin banyaknya pembangunan.

“Yang kedua untuk persiapan 17-an sudah hampir final, nggak ada masalah di lapangan tadi kita cek satu per satu dari lokasi venue kemudian tata urutan upacara semuanya nggak ada masalah. Jadi pembangunan kira-kira pertengahan Juli yang di sini udah siap dan akan mulai untuk persiapan 17 Agustus,” tegasnya.

Source : CNBC Indonesia