Artis Nirina Zubir akhirnya bisa bernapas lega setelah berhasil merebut kembali tanah keluarganya dari tangan mafia tanah.

Perjuangan Nirina itu berakhir bahagia setelah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyerahkan 4 sertifikat tanah milik keluarga Nirina pada hari ini, Selasa (13/2/2024).

“Saya disuruh jadi MC 3 jam tidak pernah ada masalah, tapi untuk mengutarakan perasaan sekarang berat ya, intinya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semuanya,” kata Nirina saat serah terima sertifikat yang dilakukan di Kantor Wilayah ATR/BPN DKI Jakarta, hari ini.

Nirina mengatakan rasa harunya itu wajar, sebab sudah lebih dari 3 tahun dirinya berupaya agar tanah milik ibunya yang diserobot oleh mafia tanah bisa kembali. Nirina menceritakan pertama kali mengetahui tanahnya diserobot setelah ibunya meninggal pada 2019.

Pada 2020, dia dan keluarga mengetahui bahwa sejumlah sertifikat tanah itu diganti nama pemilik yang diduga dilakukan oleh asisten rumah tangga ibunya sendiri. Dari situlah Nirina mulai bersuara di media sosial agar tanahnya bisa kembali.

“Proses ini lumayan menyesakkan kami, karena di dalam proses ini kami bertubi-tubi dihadapkan pada masalah yang mengagetkan,” kata dia.

Nirina mengatakan tak lama setelah kasus ini mencuat, ayahnya meninggal dunia. Menurut dia, setelah itu dirinya juga harus mengikuti berkali-kali sidang perkara penggelapan tanah dengan terdakwa asisten rumah tangganya dan pejabat pembuat akta tanah (PPAT).

Artis yang membintangi film Get Married ini menceritakan, karena harus mengikuti sidang itu dirinya sampai tidak kerja selama 1 tahun. “Full konsentrasi mengawal kasus ini, lumayan frustrasi karena waktu yang dibutuhkan ternyata tidak sebentar ya,” kata dia.

Meski demikian, Nirina tetap bersyukur karena semua upayanya itu akhirnya membuahkan hasil. Setelah para pelaku divonis di pengadilan dan hukumannya inkrah, pihak keluarga mengajukan surat ke ATR/BPN untuk mengurus proses balik nama sertifikat yang dicuri tersebut.

Proses tersebut akhirnya berhasil, dan ATR/BPN menyerahkan kembali sertipikat tanah kepada Nirina dan keluarganya hari ini. Penyerahan dilakukan oleh Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni di Kanwil ATR/BPN DKI Jakarta kepada Nirina. “Alhamdulillah akhirnya sampai juga kami di titik ini,” kata Nirina.

Source : CNBC Indonesia