Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal terbang ke Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) pada akhir Juli 2024.

Rencananya ia akan meninjau pembangunan IKN hingga melakukan peresmian tol.

“Rencana tanggal 28 (Juli) beliau akan meresmikan tol dan meninjau,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Heru mengatakan saat ini pihaknya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih mempersiapkan kebutuhan Presiden di IKN.

Seperti pengisian furnitur di kantor presiden dan persiapan penyelenggaraan 17 Agustus 2024.

Selain itu Pj Gubernur DKI Jakarta ini juga mengatakan proses presiden Jokowi berkantor di IKN kemungkinan dilakukan secara bertahap. Melihat adanya kegiatan lain yang akan dilakukan Presiden sebelum menjelang 17 Agustus mendatang.

“Ya ada beberapa tahap (berkantor), mungkin beliau satu dua hari menjelang tanggal 28,” katanya.

“Kami akan berkonsentrasi di sana untuk mempersiapkan semua sarana prasarana dalam penyelenggaraan 17 Agustus. Jadi nanti setelah tanggal 28 (Juli) jadi mungkin ada beberapa kali lagi ke IKN sebelum menjelang 17 Agustus. Kan masih ada kegiatan kunker dan lain-lain,” sambungnya.

Sebelumnya Jokowi dan para menterinya akan melakukan sidang kabinet di IKN. Namun Heru belum bisa memastikan hal rencana ini.

“Nah itu nanti sedang kami rapikan semua untuk sidang kabinet, mungkin nanti bisa dijelaskan Sekretaris Kabinet,” terang Heru.

Source : CNBC Indonesia